Jumat, 09 November 2012

Perpindahan dan Perubahan Energi Listrik


1. Perubahan energi listrik menjadi energi panas

Setrika listrik juga memanfaatkan energi listrik. Pada setrika listrik terjadi perubahan dan perpindahan energi. Energi listrik pada setrika berubah menjadi energi panas. Energi panas dari setrika akan berpindah ke pakaian sehingga pakaian menjadi rapi . Setrika listrik mengubah energi listrik menjadi energi panas Perubahan energi listrik menjadi energi panas juga terjadi pada kompor listrik. Panas dari kompor listrik akan berpindah pada panci. Panas yang berpindah ke panci akan memanaskan air. Pada suhu 100°C, air akan mendidih. Solder dan magic jar juga merupakan contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas,

2. Perubahan energi listrik menjadi energi gerak (kinetik)

Pada kipas angin terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Energi listrik akan menggerakkan baling-baling kipas dengan cepat sehingga udara menjadi sejuk. Prinsip kerja kipas angin sama dengan prinsip kerja AC. Alat rumah tangga lain yang merupakan perubahan energi listrik menjadi energi gerak, contohnya : blender dan mesin cuci, dan mobil-mobilan mainanmu.

3. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Cahaya

Sekarang, orang sudah mengenal lampu listrik. Lampu listrik mengubah energi listrik menjadi energi cahaya. Dengan lampu listrik, malam hari menjadi terang benderang. Kalian pun dapat belajar dengan nyaman. Perubahan energi listrik menjadi energi cahaya juga terjadi pada senter, lampu mobil, lampu sepeda motor dan masih banyak yang lainya.

4. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Bunyi

Radio, televisi, handphone (hp), dan bel listrik merupakan penghasil bunyi. Namun, alat itu tidak berfungsi jika tidak ada listrik. Dengan demikian, alat-alat tersebut mengubah energi listrik menjadi energi bunyi.
Selain contoh contoh yang telah disebutkan di atas, coba kalian sebutkan beberapa contoh lagi perubahan-perubahan energi listrik yang ada di sekitarmu !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar