Bentuk-bentuk Akar Tumbuhan



Setiap tumbuhan memiliki akar. Akar tumbuh menghujam ke dalam tanah. Akar tersusun atas rambut akar dan tudung akar. Rambut akar berfungsi memperluas daerah penyerapan air. Sementara itu, tudung akar berfungsi melindungi ujung akar agar tidak rusak saat menembus tanah.

Menurut bentuknya, akar dibedakan menjadi akar tunggang dan akar serabut. Akar tunggang memiliki akar pokok yang tumbuh memanjang. Pada akar pokok terdapat akar lateral (samping) yang tumbuh ke samping. Akar lateral (samping) ini berukuran lebih kecil dari akar pokok. Akar lateral merupakan cabang-cabang dari akar pokok. Tumbuhan yang mempunyai akar tunggang misalnya jambu, mawar, jeruk, dan durian

Akar serabut membentuk kumpulan seperti serabut-serabut tipis. Pada akar serabut tidak terdapat akar pokok yang tumbuh memanjang. Selain itu, akar serabut juga tidak memiliki cabang-cabang akar. Pada akar serabut, tiap-tiap akar memiliki bentuk maupun panjang yang hampir sama. Akar-akar tersebut tumbuh dari pangkal akar. Tumbuhan yang mempunyai akar serabut, misalnya padi, jagung, dan rumput-rumputan.

Akar berfungsi menyerap air dan zat-zat hara dari dalam tanah. Selain itu, akar juga berfungsi menopang tumbuhan agar tidak roboh. Beberapa akar tumbuhan dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan dan obat-obatan. Akar tumbuhan yang dimanfaatkan untuk bahan makanan, misalnya ketela pohon, wortel, dan lobak. Akar tumbuhan yang bermanfaat untuk bahan obat-obatan, misalnya akar wangi, ginseng, dan pasak bumi. Pada beberapa tumbuhan terdapat akar-akar yang mempunyai fungsi khusus. Akar seperti ini disebut akar semu. Apa sajakah jenis akar semu?

a. Akar Gantung

Akar gantung tumbuh dari bagian atas batang dan tumbuh ke arah tanah. Oleh karena itu, akar tersebut terlihat menggantung di udara. Akar gantung ini berfungsi menyerap uap air dan gas dari udara. Namun, bila telah mencapai tanah, akar tersebut masuk ke dalam tanah dan berfungsi menyerap air dan garam-garam mineral. Tumbuhan yang memiliki akar gantung misalnya beringin.

b. Akar Napas

Akar napas tumbuh keluar dari batang bagian bawah. Akar tersebut sebagian muncul di permukaan tanah dan sebagian lagi berada di dalam tanah. Akar ini terlihat seperti menopang tegaknya batang. Akar napas mempunyai banyak celah tempat masuknya udara. Jadi, sesuai namanya, akar napas berfungsi untuk bernapas. Tumbuhan yang mempunyai akar napas, misalnya bakau dan pandan.

c. Akar Pelekat

Akar pelekat tumbuh di sepanjang batang. Akar pelekat terdapat pada tumbuhan yang tumbuh memanjat. Akar ini berfungsi untuk melekatkan batang pada tembok maupun tumbuhan lain. Tumbuhan yang mempunyai akar pelekat, misalnya sirih.

d. Akar Tunjang

Akar tunjang merupakan cabang akar yang tumbuh tegak lurus ke atas. Akar tunjang terlihat menyembul ke permukaan tanah. Akar ini memiliki banyak celah yang digunakan untuk masuknya udara. Selain itu, akar tunjang berfungsi membantu menopang berat pohon. Tumbuhan yang mempunyai akar tunjang, misalnya kayu api dan gayam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar