Jumat, 09 November 2012

Perkembangbiakan Hewan Secara Vegetatif


Standar Kompetensi :
Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
Indikator :
Mengidentifikasi berbagai cara hewan berkembang biak.
Materi :
 Perkembangbiakan secara Tidak Kawin (Vegetatif)
Hewan berkembang biak dengan dua cara yaitu generatif ( secara kawin) dan vegetatif (tak kawin). Perkembangbiakan hewan bertujuan untuk melestarikan jenisnya atau untuk mencegah kepunahan. Hewan mengalami kepunahan karena pemanfaatan bagian tubuh hewan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Pemanfaatan bagian tubuh hewan dapat mengganggu keseimbangan ekosistem. Beberapa jenis hewan memiliki ciri khusus dan cara berkembangbiak yang berlainan.
Perkembangbiakan secara tidak kawin hanya terjadi pada hewan-hewan tingkat rendah. Perkembangbiakan secara tidak kawin dapat dilakukan dengan beberapa cara. Antara lain dengan membentuk tunas dan fragmentasi.
  • Tunas. Perkembangbiakan dengan cara pembentukan tunas antara lain terjadi pada Hydra. Tahukah kamu Hydra? Hydra merupakan hewan yang tidak bertulang belakang. Hydra hidup pada air tawar. Pada tubuh Hydra dewasa akan muncul tonjolan. Tonjolan tersebut akan terus tumbuh dan membesar. Ketika setelah cukup besar, tunas itu akan terlepas dari tubuh induknya. Tunas yang terlepas akan tumbuh dan berkembang menjadi individu baru.

  • Fragmentasi. Fragmentasi adalah perkembangbiakan yang berasal dari potongan tubuhnya sendiri. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara fragmentasi adalah planaria. Cacing planaria merupakan cacing pipih. Planaria bisa kamu temukan di bawah bebatuan di sungai. Ukurannya sangat kecil. Jika kita potong salah satu bagian tubuhnya, potongan tubuh itu akan tumbuh menjadi individu baru.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar