Jumat, 09 November 2012

Ciri Khusus Beberapa Tumbuhan


Ciri Khusus pada Tumbuhan
Selain hewan, beberapa tumbuhan juga memiliki ciri khusus. Tumbuhan berkembang biak secara generatif (kawin) dan vegetatif (tak kawin )Bagian tumbuhan dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Pemanfaatan bagian tumbuhan secara berlebihan akan mengganggu keseimbangan ekosistem. Apabila ekosistem terganggu, maka dapat menimbulkan kepunahan hewan dan tumbuhan. Tumbuhan beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan hidup, melindungi diri dari musuh, dan mempertahankan jenisnya. Bentuk adaptasitumbuhan  bermacam-macam, seperti yang akan diuraikan di bawah ini :
Ciri khusus tumbuhan cemara
Pohon cemara mempunyai bentuk daun yang runcing. Daunnya yang runcing berguna untuk mengurangi penguapan. Bentuk daun tersebut merupakan adaptasi pohon cemara terhadap lingkungan yang panas.
Ciri khusus tumbuhan teratai
Teratai merupakan tumbuhan yang hidup di permukaan air. Tumbuhan teratai mempunyai daun yang berbentuk lebar dan tipis. Daunnya ada yang lebar dan ada juga tipis, berfungsi untuk memperbanyak penguapan. Bentuk daun tersebut merupakan bentuk adaptasi teratai terhadap tempat hidupnya.
Ciri khusus tumbuhan putri malu
Tumbuhan putri malu banyak dijumpai tumbuh di tepi jalan. Tumbuhan putri malu mempunyai ciri khusus pada daunnya. Daun tumbuhan putri malu akan mengatup apabila tersentuh sesuatu. Hal ini menunjukkan bahwa putri malu beradaptasi terhadap rangsang sentuhan.
Ciri khusus tumbuhan kaktus
Kaktus merupakan tanaman yang hidup di daerah panas. Batang kaktus tebal dan berlapis lilin. Batang kaktus yang tebal berfungsi sebagai tempat persediaan air. Seluruh permukaan batang kaktus tertutup oleh duri. Duri tersebut berguna sebagai pelindung diri.
Ciri khusus tumbuhan kantung semar
Kantung semar adalah tanaman pemakan serangga atau disebut insektivora. Pada waktu tertentu, bunga kantung semar mengeluarkan bau menyengat. Bau tersebut berguna untuk menarik serangga. Tanaman kantung semar mempunyai cairan khusus yang ada di dalam kantung. Cairan tersebut untuk mencerna serangga yang terjebak. Hal ini menunjukkan bahwa tanaman kantung semar beradaptasi untuk memperoleh makanan.
Ciri khusus tumbuhan bakau
Tumbuhan ini hidup di pinggiran pantai. Tumbuhan bakau memiliki akar tunjang untuk menopang tubuhnya agar tetap kokoh. Akar tunjang merupakan bentuk adaptasi tumbuhan bakau terhadap lingkungan pantai.
Contoh Soal 1 :
Apa persamaan ciri khusus antara tumbuhan teratai dengan eceng gondok ?
Pembahasan : Persamaan ciri khusus antara teratai dan eceng gondok adalah keduanya memiliki batang yang berongga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar